October 26, 2013

First Day at School



Tahun ini Aira dan Aidan masuk sekolah baru. Aira di SMP Al-Izhar (iyaaa... si bayi perempuan udah kelas 1 SMP), Aidan di SD Gemala Ananda. Hari pertama sekolah jatuh bertepatan dengan ulang tahun Aidan yang ke-6, jadi pagi-pagi kami serah terima kadi seperti biasa, lalu kesibukan hari pertama pun dimulai.

Aira, tentunya sudah tidak mau dan tidak perlu diantar ke kelas barunya. Si anak gadis turun sendiri dari mobil, dengan seragam barunya yang kece dan masuk ke sekolah barunya. Dari cerita yang kemudian saya dapat sih, hari-hari awal sekolah menyenangkan untuk Aira. Masa orientasi pun benar-benar pengenalan sekolah baru, lingkungan, program, teman-teman seangkatan, dan kakak-kakak kelas.




Nah, untuk Aidan tentu beda lagi. Pada hari pertama sekolah, orangtua wajib menemani si anak sampai kira-kira jam 10, untuk membantu transisi anak di lingkungan baru. Gemala Ananda tidak punya TK, jadi semua siswa kelas 1 adalah siswa baru. Orangtua dan anak terlibat kegiatan bersama (termasuk menari dan bernyanyi bersama), dimana salah satunya anak diminta menuliskan cita-citanya di secarik kertas kecil berbentuk bintang, kemudian mengatakannya ke kepada orangtua dan orangtua membalas dengan ucapan yang encouraging dan supporting. Kemudian gambar bintang tadi ditempelkan di dinding bersama bintang-bintang teman lainnya. Beberapa kegiatan yang dilakukan berkelompok (kelompok akan berganti-ganti dengan tujuan anak berkenalan dengan teman-temannya) mendorong anak untuk bekerjasama dan sebagainya.





Kegiatan berikutnya adalah berkenalan dnegan guru-guru dan staff sekolah. Anak-anak mendapat lembaran yang berisi fotokopi foto-foto para guru dan staff, termasuk Kepala Sekolah segala. Tugas mereka adalah berkeliling mencari orang yang bersangkutan, bertanya siapa nama mereka, apa tugas mereka dan menuliskannya. Tentu saja karena anak kelas 1 dianggap belum bisa menulis, sudah disiapkan kertas dengan nama dan tugas, sehingga anak-anak tinggal meniru. Pasa guru dan staff ini menunggu anak-anak di 'tempat tugas' mereka masing-masing. Salah satu yang membuat saya terkesan, Bu Jasmin - Kepala Sekolah - ingat persis nama-nama anak-anak baru ini.



Setelah itu, orangtua diminta berpamitan pada anaknya, memeluk dan berkata akan menjemput kembali pada jam pulang sekolah, dan meninggalkan anak-anak untuk melanjutkan kegiatan di kelas bersama Bu Guru. Pada hari itu memang hanya anak kelas 1 yang masuk, jadi anak-anak baru ini pun tidak 'kaget' dengan suasana ramai yang tentu berbeda dengan sewaktu mereka di TK.

So far so good untuk Aidan, dan juga untuk saya. Saya senang sekali dengan cara SGA membantu transisi dan adaptasi anak (dan juga orangtua) memasuki lingkungan sekolah yang baru. Semoga seterunya juga terbukti bahwa kami sudah memilih sekolah yang tepat. Aamiin.

Selamat menikmati masa SMP Kakak Aira! Selamat berpetualang di sekolah baru, Mister Aidan! Be happy! :)

1 comment:

Hendrika Pratiwi said...

A..apa? kakak udah SMP!
welcome to the ABG phase *lirik bunda* :p

gud luck Kakak Aira dan Abang Aidan..
*ehem* bunda jugak! :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...