December 06, 2012

Kampung 99 Pepohonan

I can't officially called this one as PJR Big Day Out, more like the day Aira tagged along Bunda Santi & her kids. Haha. Jadi, pada suati hari waktu liburan sekolah beberapa tahun yang lalu, Bunda Santi ngajak Gaia, Alee, & Aldo pergi ke Kampung 99 Pepohonan, tentunya Aira diajak juga. Karena waktu itu Aidan masih terlalu kecil untuk aktivitas disana & gak ada yang bisa dititipi Aidan, akhirnya Aira yang dititipin ke Bunda Santi untuk ikutan jalan-jalan.

Kampung 99 Pepohonan jaraknya tidak jauh dari rumah kami yang berada di Pondok Labu. Tinggal menuju Cinere teruuuuus ke arah Depok, sampai Mesjid Kubah Emas, belokan menuju Kampung 99 Pepohonan berada tepat di seberang Mesjid tersebut. Berhubung saya tidak ikut kesana, saya hanya dengar cerita dari Aira dan Bunda Santi, serta lihat foto-foto yang sempat diambil selama disana.

Kampung 99 Pepohonan menempati area luas yang dipenuhi pohon-pohon, sesuai dengan namanya. Dengan membayar (kalau saya tidak salah ingat) 100 ribu rupiah, anak-anak bisa memilih 3 macam kegiatan untuk dilakukan plus makan siang. Waktu itu anak-anak memilih untuk naik sampan, menangkap ikan, dan memberi susu serta memerah susu kambing. Selain itu mereka juga sempat lihat-lihat hewan lain yang ada disana, seperti rusa, dan sapi. Termasuk sapi seberat 1 ton, yang ceritanya diulang-ulang terus oleh Aira, sampai sekarang.









Ada beberapa momen lucu saat anak-anak berhadapan dengan kambing-kambing. Pertama, mereka memberi minum susu bayi kambing, yang tentunya tidak seperti bayi manusia yang anteng waktu menyusu, bayi-bayi kambing ini semangat sekali minum susu, mereka cenderung 'menyeruduk'. Si Abang Aldo yang paling besar ternyata yang paling takut berhadapan dengan hewan, termasuk bayi kambing. Jadi lah ia memberi susu ke bayi kambing sambil berpegangan pada Gaia, yang paling muda dan paling kecil. Aira ketemu triknya agar tidak terdorong waktu si kambing menyusu sambil 'menyeruduk', ia bersandar ke tiang kandang. Walaupun ketemu triknya, Aira toh tetap terlihat masih panik. Kemudian tambah panik waktu mulai memerah susu kambing, mukanya terlihat mau cepat-cepat selesai saja. Mungkin yang ada di pikiran Aira adalah, "why??? why did I let them get me into doing this??" Oh, setelah memerah tentunya mereka juga mencicipi susu kambing tadi. x)









Tapi kerusuhan kambing segera terlupakan waktu mereka nyemplung untuk menangkap ikan, dengan tangan. Semua basah-basahan dan senang-senang, walaupun hanya Abang Aldo yang beneran berhasil menangkap ikan. Setelah puas basah-basahan anak-anak ganti baju dan kunjungan ke Kampung 99 Pepohonan ditutup dengan makan siang, termasuk goreng ikan hasil tangkapan Abang Aldo.  











Terima kasih banyak bunda Santi untuk jalan-jalannya, juga untuk cerita & foto-fotonya. Mmmm.. kayaknya mesti berkunjung lagi nih ke sana, dengan peserta yang lebih banyak dan seru. :)

Kampung 99 Pepohonan
Jl. KH. Muhasan II
Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo
Depok 16515
021-99955610, 021-77883623

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...