July 09, 2015

National Railway Museum York


Setelah memarkir mobil di tempat parkir umum, kami berjalan kaki ke National Railway Museum. Seperti museum lainnya yang dikelola oleh negara, kita bisa masuk ke NRM dengan gratis. Kami mengunjungi dua bagian dari museum ini. Yang pertama kami jelajahi adalah Station Hall, bagian yang menyimpan koleksi kereta api Inggris dari jaman dahulu. Kereta-kereta ini disimpan di tempat yang menyerupai stasiun kuno. Mulai dari kereta api kerajaan, gerbong Ratu Victoria, kereta untuk membawa anak-anak sekolah Inggris ke asrama mereka, sampai kereta pengangkut barang ada disini.















Beberapa kereta bisa dinaiki, dan beberaa kereta lain bagian dalamnya dibuat menyerupai aselinya hanya bisa kita intip dari jendela, seperti gerbong Ratu Victoria dengan interior kerajaan pada masa itu. Disini juga ada banyak spot foto yang kece-kece. Misalnya kereta yang biasa dipakai untuk mengantar anak-anak ke sekolah berasrama mereka, dilengkapi dengan props tumpukan koper dan tongkat lacrosse yang bisa untuk foto-foto. Aira aidan sibuk naik turun kereta yang memang bisa dinaiki dan main-main dengan berbagai properti yang ada. Sebagai pembaca Enid Blyton, semua imajinasi saya mengenai kereta menuju Malory Towers atau kereta yang membawa geng Lima Sekawan menuju Dorset jadi nyata di depan mata. Dan semuanya sesua bayangan saya! Rasanya jadi pengen makan bekal roti lapis dan limun jahe di perjalanan dengan kereta menuju St. Clare bersama Pat dan Isabel O'Sullivan. Hohoho.












Bagian kedua yang kami datangi adalah Great Hall, tempat disimpannya koleksi berbagai jenis kereta dan lokomotif dari berbagai negara dan zaman, termasuk Sinkansen dari Jepang. Bahkan lokomotif kereta Hogwarts Express juga sebenarnya disimpan disini, sayangnya waktu kami berkunjung, lokomotif tadi sedang dibawa untuk pameran di tempat lain. Di museum ini, bukan hanya Aira dan Aidan, saya dan si Ayah juga sibuk naik turun melihat-lihat koleksi yang keren-keren disini. Siapa sangka naik turun kereta yang dipajang diem aja bisa seru sekali, dan semua kereta dalam keadaan terawat dengan baik. Duh, seandainya Museum Transportasi di TMII dibikin semenarik ini. Kereta-kereta tadi memang kereta asli yang dipajang disana atau replika yang dibuat mirip sekali, sampai ke bagian interiornya. Anak laki-laki seperti Aidan pasti terkagum-kagum melihat begitu banyak kereta di dalam satu tempat. Saya yang jadi sibuk mengikuti Aidan yang berlarian dan berhayal jadi masinis. Kalau Aira, ia tentu sudah lebih tertarik untuk membaca berbagai informasi tentang kereta-kereta tadi, dan Aira memang anak yang selalu menikmati kunjungan ke museum.









Di kedua bagian museum ini terdapat tempat makan yang desainnya menyatu dengan suasana stasiun kereta api. Merchandise yang dijual di gift shop juga kece-kece. Termasuk satu set keranjang piknik lengkap dengan alas duduk dan perlengkaan makan yang kalau gak mahal pasti udah saya angkut.







Setelah puas lihat-lihat, kami pun beranjak keluar dari museum. Kalau kebetulan ke York, apalagi bersama anak-anak, a visit to this museum is a must! Dari depan National Railway Museum ada kereta kecil yang bisa mengangkut pengunjung sampai ke dekat York Minster. Untuk menghibur Aidan yang sepertinya sudah mulai rewel diajak jalan kaki, kami naik kereta tadi menuju pusat kota tua York. :)

National Railway Museum
Lokasi: Leemand Rd. York, YO26 4XJ. United Kingdom.
No telp/website: +44844-815-3139/www.nrm.org.uk
Jam Buka: 10.00-18.00
Harga tiket: Gratis

*action cam pics courtesy of oom Rendy

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...