November 12, 2010

Spider Monkeys on Bandung Treetop



Bandung lagi. Iya yang ini adanya juga di sekitar Bandung, tujuan liburan paling dekat dan murah meriah dari Jakarta. Memang sih, setiap liburan Idul Fitri kami sekeluarga pasti ke Bandung, karena Oma saya dan banyak keluarga si Ayah ada di Bandung. Tapi tahun ini, due to Ayah & Aidan being hospitalized episodes, kami gak ke Bandung pada hari kedua lebaran. Kunjungan ke Bandung diundur jadi kira-kira seminggu setelah lebaran.Dan ternyata, keluarga tetangga sebelah juga ke Bandung pada tanggal yang sama, plus kebetulan juga menginap di hotel yang sama. Jadilah kami liburan beramai-ramai dadakan. Berhubung anak-anak rumah sebelah emang geng main Aira, jadi rombongan kecil ini senangnya bukan main. Dari rumah C1 ada Aira dan Aidan, sementara dari rumah B1 ada Aldo, Alee, dan Gaia.

Janjian pergi sama-sama di sana, itu sudah pasti. Persoalannya mau dibawa kemana anak-anak. Tentunya preferably ke tempat yang mereka belum pernah, tapi mengingat semua memang sering ke Bandung, options-nya menjadi terbatas. Setelah melihat billboard di jalan tol dan browsing sedikit, ditemukanlah tempat yang akan dikunjungi: Bandung Treetop Adventure Park. Tempat untuk outbond diantara pohon-pohon pinus. Letaknya tidak sulit dicari, di bumi perkemahan Cikole, Lembang, bersebrangan dengan pintu masuk ke Tangguban Perahu.










Jadi, setelah sarapan di hotel, mobil Trajet pun diisi Bunda Puan, Ayah Teddy, Bunda Santi, Aira, Aidan, Aldo, Alee, dan Gaia. Sementara Abi Temi harus mengantar tante-tante wisata outlet dan kuliner. Sampai di Bandung Treetop kesan pertama yang muncul adalah bersih dan sejuk. Semua peralatan benar-benar dipasang diantara satu pohon pinus ke pohon pinus yang lainnya. Desainnya dibuat natural dengan menggunakan kayu-kayu, sesuai dengan letaknya yang dipegunungan. Setelah membayar harga 95 ribu rupiah per-anak untuk bermain selama 150 menit, anak-anak dipakaikan alat-alat pengaman dan diajarkan cara menggunakannya, karena mereka sendiri yang nantinya akan mengaitkan alat-alat tersebut. Anak-anak bisa juga mulai dari area demo, untuk berlatih menggunakan peralatan yang ada. Ada baiknya mereka menggunakan sarung tangan, agar tidak cepat sakit atau lecet. Kalau tidak bawa, disana juga dijual berbagai sarung tangan.








Ada 8 tingkatan sirkuit disana, dari mini circuit yang palin mudah untuk anak mulai umur 4 tahun sampai black circuit yang paling sulit, untuk orang dewasa. Srkuit-sirkuit ini ditandai dengan warna, dan untuk dapat mencoba suatu sirkuit ada tinggi badan yang menjadi acuannya, atau jangkauan tangan anak, karena semakin sulit sirkuitnya biasanya semakin tinggi jangkauan tangan anak diperlukan untuk memasang pengait, atau beberapa bagian akan sulit dilalui kalau kaki anak tidak cukup panjang. Gaia, karena paling kecil hanya bisa bermain di mini circuit, yellow & green circuit. Aira, Alee, & Aldo bermain di Discovery (green circuit) dan Dancing With Trees (blue circuit). Di blue circuit ini sebenarnya tinggi Aira pas-pasan, makanya di beberapa tempat ia harus dibantu Alee atau pengawas memasang pengait dan di satu rintangan (yang saya sendiri sebenernya gak yakin kalau saya berani juga disuruh melewatinya) Aira sempat menangis, walaupun akhirnya lewat juga. Aldo dan Alee melanjutkan ke purple circuit dan red circuit, sementara Aira yang kali ini benar-benar belum bisa ikut, bermain bersama Gaia di yellow circuit dan green circuit biasa. Di dua sirkuit terakhir yang diikuti Alee & Aldo, rintangannya semakin tinggi dan bikin bunda yang nonton dari bawah deg-deg-serr.
















Untuk anak-anak yang memang aktif dan senang kegiatan outbond, Bandung Treetop benar-benar bisa bikin mereka puas. Waktu yang 150 menit itu juga ideal untuk anak-anak bermain. Kami sudah berancana kalau lain kali kesana lagi, mau bawa bekal nasi dan lauk-nya, karena ada saung-saung yang disewakan. Sekalian outbond juga piknik. Terbukti hari itu selesai main anak-anak kelaparan semua. Udara sejuk + aktivitas outdoor = lapar! :)





for more pics please click here.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...