January 28, 2012

Taman yang Pintar




Masih jam 10 pagi ketika kami sampai ke Jogja. Gak mau rugi waktu, saya dan si Ayah memutuskan untuk langsung jalan-jalan saja, toh kami baru bisa check in setelah jam 12 siang. Sesampainya di Jogja, kami langsung menuju Taman Pintar dengan mobil sewaan. Disana kami janjian bertemu keluarga B1 yang sudah lebih dulu ada di Jogja. Jadilah kunjungan perdana rombangan dua keluarga ini adalah Taman Pintar Jogja. Sebagai perkenalan rombongan kami, di keluarga C1 ada saya (Bunda Puan), Pak Teddy (Ayah), Aira, dan Aidan. Di keluarga B1 ada Santi (Bunda Santi), Temi (Abi), Alee, Aldo, dan Gaia.










Taman Pintar ini serupa dengan Museum Iptek di TMII, hanya saja lebih menarik, walau belum sampai level Singapore Science Center. Di beberapa bagian memang terlihat kalau sponsor merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Taman Pintar ini, tapi setting-nya masih oke, semacam sponsor-sponsor di Kidzania saja.

Taman Pintar dibagi menjadi beberapa bagian, Playground, Gedung Memorabilia, Gedung Oval-Kotak, Gedung PAUD Barat, dan Gedung PAUD Timur. Sepertinya sekarang ini mereka sedang membangun gedung Planetarium. Kalau sekedar ke area Playground saja pengunjung tidak harus membayar. Pengunjung baru perlu membayar tiket jika masuk ke dalam gedung, Rp. 15.000,- untuk dewasa dan Rp. 8.000,- untuk anak (Gedung Memorabilia + Gedung Oval-Kotak). Dan berhubung ini adalah Taman Pintar, yang dianggap anak adalah sampai kelas 2 SMA. ;D





Pertama kita akan diminta memasuki Gedung Memorabilia yang berisi memorabilia Keraton Jogja dan Presiden Indonesia, kemudian baru memasuki Gedung Oval-Kotak yang isinya wahana dan alat peraga berbasis sains. Nah di dalam gedung ini nih anak-anak mulai berlarian kesana kemari, melihat dan mencoba berbagai alat peraga. Akhirnya kami yang besar-besar berbagi mengawasi anak-anak, karena si kakak-kakak dan si adik-adik tentu minat yang ingin dilihat dan dicoba berbeda-beda. Kami janjian bertemu lagi di Playground luar, karena rute di dalam gedung akan 'memaksa' pengunjung untuk melewati setiap bagian gedung dan akhirnya kembali lagi ke area Playground di luar.








Di beberapa bagian Taman Pintar memang terlihat kurang baik perawatannya. Tidak sampai buruk, tapi kalau lebih terjaga perawatannya pasti Taman Pintar akan lebih keren lagi. Anak Indonesia harus pintar dalam segala hal, termasuk pintar menjaga kebersihan dan pintar dalam menggunakan fasilitas umum. Overall, kunjungan kami ke Taman Pintar seru dan menyenangkan. :)

Taman Pintar
Jl. Penambahan Senopati 1-3
Jogjakarta 55122
Indonesia

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...