July 21, 2012

My Tips on Visiting Belitung Islands

  1. Kalau booking pesawat unruk ke Belitung, pilih kota tujuan Tanjung Pandan. Jangan cari kota Belitung, gak akan ketemu.
  2. Siapkan spare waktu ketika menyusun itinerary. Hanya ada 2 airlines yang melayani penerbangan ke Tanjung Pandan: Sriwijaya & Batavia. Kemungkinan besar jadwal akan delay.
  3. Ketika hendak mendarat di Tanjung Pandan, jangan kaget kalau pesawat seperti bis ngerem mendadak, landasan disana pendek. Tips dari warga Tanjung Pandan yang duduk di sebelah saya di pesawat, ketika mendara ada baiknya tangan menyangga ke kursi depan.
  4. Jangan takut dibilang gak adventurous. Untuk first timer sangat praktis jika menggunakan tour selama di sana.Terutama jika membawa anak-anak. Yang perlu dicermati hanya pemilihan tour-nya saja, pilih yang fleksibel itinerary-nya. Sebaiknya jangan bergabung dengan grup lain.
  5. Kunjungan ke Belitung Timur tidak seseru island hopping, tapi kalau baru pertama kali ke Belitung tidak ada salahnya dilakukan, untuk memperkaya pengetahuan & pengalaman anak-anak.
  6. Jika membawa anak-anak yang gila laut macam kami kemarin itu, luangkan 2 hari untuk island hopping. Hari pertama untuk melihat pulau-pulau yang ada, hari yang kedua pilih saja paling tidak 2 pulau untuk dikunjungi dan main sepuasnya disana.
  7. Alat snorkle untuk anak-anak sebaiknya bawa sendiri, karena kebanyakan snorkle yang disediakan tour ukuran dewasa yang akan kemasukan air jika dikenakan anak-anak.
  8. Terutama untuk balita sebaiknya bawa life vest sendiri yang desain dan ukurannya benar-benar pas untuk anak, sehingga lebih nyaman dikenakan dalam air.
  9. Siapkan banyak air putih dan camilan. Anak-anak harus banyak minum air putih karena matahari yang terik dan aktivitas sepanjang hari. Cemilan pasti dicari anak-anak, habis berenang pasti lapar.
  10. Bawa baju berenang kemana-mana. Bahkan di Belitung Timur pasti akan mengunjungi pantai. Khusus untuk island hopping pakai saja baju renang dari hotel.
  11. Pakai sunblock. Matahari 1 hari di Belitung sama dengan 3 hari di Bali. Relakan anak-anak jadi keling pulang dari sana.
  12. Sabar-sabar menunggu, karena anak-anak lihat pantai sedikit saja pasti akan langsung nyemplung dan berenang.
  13. Jika alergi seafood beritahu tour sejak awal, agar disiapkan ayam untuk lauk anda. Atau paling tidak tempe dan tahu.
  14. Bawa air mineral jika ke toilet. You'll know why when you get there. Tinggalkan uang di kotak iuran di depan toilet, mudah-mudahan uang anda akan membantu perbaikan kualitas toilet di pulau-pulau.
  15. Jika bepergian bersama anak-anak, apalagi dalam jumlah banyak, buat kesepakan 'no iPad policy' dari awal, dan beberapa peraturan essential lainnya. iPad selagi liburan bikin banyak masalah. Percaya deh. 
  16. Jadi wisatawan yang mandiri. Bawa kembali semua sampah, masukkan saja ke dalam kapal atau bawa plastik khusus. Jangan meninggalkan sampah di pulau apalagi dibuang ke laut.


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...