May 11, 2015

Oyster Card to Get Around London


Dari semua yang sudah kami persiapkan sejak di Jakarta, transportasi di selama di London adalah satu-satunya yag belum kami pikirkan. Kami pikir kalau Singapore aja punya EZ-Link, pasti London punya juga yang semacam ini. Ternyata memng benar, namanya Oyster.

Waktu mau menulis ini, saya sempat browsing lebih jauh tentang Oyster Card, dan ternyata ada yang namanya Visitor Oyster Card yang bisa dipesan online kemudian dikirim ke alamat kita, atau dibeli di Gatwick Airport. Anyway, kami tidak tau keberadaan kartu jenis ini dan sepertinya risky menunggu si kartu dikirim ke Jakarta sebelum kami berangkat plus kami gak lewat Gatwick Airport. Kelebihanya dibanding Oyster Card biasa sepertinya pada promo-promo yang bisa didapat di beberapa tempat tujuan turis jika kita punya Visitor Oyster Card. Selain itu, ada daily cap untuk harga maksimum yang perlu kita bayar dalam sehari, yang begitu kita mencapai angka tersebut, kita gak perlu bayar lebih lagi untuk hari itu. Sulitnya, ada beberapa persyaratan supaya si kartu bisa dikirim ke alamat kita, dan harga kartu yang £3 itu non-refundable. 

Nah, yang kami pakai selama di London adalah Oyster Card biasa. Kami membeli 3 Oyster Card (Aira sudah bayar penuh karena batas usia anak-anak adalah 12 tahun) di Euston Station seharga masing-masing £5. Biaya untuk setiap trip ditentukan oleh zona. London dibagi menjadi 6 zona, dengan zona 1 sebagai pusat kota. Pembagian harga per-zona ini berlaku untuk Tube, DLR, London Overground, dan National Rail Services lainnya. Tapi, ada perbedaan harga yang signifikan jika trip kita di jam peak dan off-peak. Misalnya, dari zona 1 ke zona 4, saat peak dalah £3.80, sementara off-peak £2.70. Jadi, ini bisa juga dijadikan trik saat jalan-jalan di London, menghindari peak hours. Oyster card bisa digunakan untuk bis juga. Harganya sama untuk trip kemana saja di London, £1.45.

Top up Oyster card bisa dilakuka di mesin oyster dengan credit card di mesin-mesin Oyster yang ada di setiap stasiun. Saat kami meninggalkan London dari King's Cross, kami tinggal mengembalikan kartu Oyster ke loket untuk refund kartu dan refund sisa nominal yang masih ada di kartu. 


Aidan: Harry Potter kalo mau ke Hogwarts dari King's Cross pake Oyster Card juga gak?

Tante Santi: Waktu Harry belum 13 tahun dia gak usah pake Oyster Card.


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...