May 27, 2012

Chu-chu-churros!



Kami sekeluarga suka sekali churros. Dulu, waktu restoran fast food Popeye's masih ada, kami suka beli churros disana. Lebih duluuu lagi, saya suka beli churros di depan binatu 5 a sec. Lalu di 5 a sec tidak jual lagi dan kemudian di Jakarta Popeye's punah. Kami sempat beli beberapa kali di semacam kios kecil di Grand Indonesia yang memang spesialisasinya churros. Memang enak, tapi agak mahal harganya untuk churros yang ukurannya kecil dan kurus. Jadi kami hanya beli sesekali, apalagi Grand Indonesia lumayan jauh dari rumah kami.

Kalau lagi blog hopping atau menyusuri foto-foto di internet, saya sering ketemu resep dan foto-foto churros. Sampai akhirnya saya naksir berat sama foto churros di sini, dan ternyata ada resepnya. Bahan-bahannya mudah saja, dan kebetulan sebagian besar sudah ada di rumah, jadi pada suatu sore saya memutuskan untuk coba membuat churros sendiri. Dibantu oleh Aira dan Aidan tentunya. Hasilnya tidak mengecewakan. Enak. Aira suka sekali sampai bisa dibilang semua churros yang kami bikin hari itu dia yang makan semua. Aidan makan sebuah, saya 2 buah, sisanya Aira semua. Si Ayah yang belum pulang kantor saja sampai gak kebagian. x)


Untuk churros:
- 75 gr butter
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 140 gr tepung, diayak
- 3 telur, dikocok
- 1 lt minyak, untuk menggoreng


Untuk taburan:
- 2 sdm gula castor
- 1 sdm kayu manis bubuk

Untuk chocolate dip:
- 200 gr dark chocolate 60%
- 200 ml whipped cream kotak
- 2 sdm maple syrup


Cara membuat:

1. Panaskan butter dan air di dalam wajan yang tidak lengket, sampai mendidih. Masukkan garam dan tepung. Aduk merata sampai semua tercampur menjadi satu adonan. Matikan api. Masukkan telur dan terus diaduk sampai adonan tercampur rata lagi dan menjadi adonan yang halus dan kental. Masukkan ke dalam piping bag dengan menggunakan ujung yang berbentuk bintang.

2. Panaskan minyak di wajan besar sampai mencapai minimal 170 derajat celcius.

3. Sementara menunggu minyak panas, campur gula dan kayu manis di piring besar. Sisihkan. Buat chocolate dip dengan memanaskan coklat, cream dan maple syrup. Aduk perlahan sampai meleleh. Sisihkan.

4. Perlahan keluarkan adonan dengan piping bag sepanjang 10-15 cm ke dalam minyak panas. Goreng selama 1-2 menit setiap sisinya. Angkat dan tiriskan.

5. Baluri churros dengan gula dan kayu manis di piring selagi masih hangat. Tuang chocolate dip ke mangkuk kecil.





Recipe adapted from http://www.mowielicious.com/, I changed some ingredients due to availability & our personal taste.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...