May 24, 2013

Road to Star Wars Day Jakarta



Jadi, tanggal 18-19 Mei yang lalu ada event Star Wars Day di Jakarta, #SWDJKT for short. Sejak tau akan ada acara ini kira-kira satu setengah bulan yang lalu, Aidan dan Aira udah sibuk ngerencanain mereka mau pakai kostum apa. Yes, dua anak ini fanboy.. dan fangirl Star Wars. Saya juga suka, tapi gak segitu-gitunya. Jadi #SWDJKT kemarin itu yang pertama juga buat saya.

Aidan punya teman main yang sama-sama suka Star Wars, Hamann, adiknya Rakka, & Anara. Jadilah kami janjian untuk dateng sama-sama kesana nanti. Mbak Rahmi, mama-nya Hamann & Rakka yang super kreatif udah siap-siap berkreasi bikin kostum X Wing pilot. Sementara Anara konon akan jadi Obi Wan Kenobi atau Luke Skywalker.

Pilihan Aidan tidak lain dan tidak bukan adalah Han Solo. Sementara Aira (saya agak gak nyangka sekaligue seneng sebetulnya AIra masih mau ikutan pake kostum) mau jadi Princess Leia. Aidan khusus nunjukin gambar Han Solo di buku Star Wars Characters Encyclopedia dia, memastikan gak ada yang meleset dari kostumnya. Harus sesuai gambar. Sementara setelah menimbang-nimbang antara Leia dengan dress putih dan kostum Leia waktu battle of Endor, akhirnya pilihan jatuh ke gaun putih.

Bisa dipastikan Pasar Mayestik yang jadi sumber inspirasi, khususnya toko maju. Untuk kostum Han Solo, baju dan rompi dibikin di penjahit, sementara celana pakai yang Aidan sudah punya. Berhubung si Han Solo buncit ini keukeuh harus mirip banget, jadilah tepat sebelum berangkat saya sibuk gunting-gunting dan tempel-tempel lakban merah di sisi celana birunya. Gun Holster saya buat dari kulit sintetis, digunting free style (alias gak pake pola dan meteran) mengikuti foto hasil browsing, ditambah bungle silver dari toko maju. Jarum pentul disana-sini, lalu dijahit. Yang tricky adalah boots. Satu-satunya boots yang Aidan punya adalah boots karet, dan saya gak mungkin bela-belain beli boots tinggi macam punya Han, kan? Akhirnya saya akalin dengan bikin penutup dari bahan kulit sintetis yang sama dengan yang saya pakai untuk gun holster, dan ditambah velcro untuk menutup di bagian belakang. Jadi nanti tinggal dipakai di kaki Aidan, sekalian nutupin celananya yang sebenernya celana pendek dan bagian depan sepatu yang Aidan pakai. Karena bagian depannya ini geser-geser terus, akhirnya saya lakban saja ke sepatu. Oh, jangan lupa pistolnya. Saya buat dari pistol air yang ditutupin selotip kertas, tambah karton sana-sini, dan dicat dengan cat akrilik. Mister Solo himself was the one who painted his DL-44 blaster pistol. Aidan bahagia banget sama hasil akhir kostumnya, dia langsung pose sesuai pose Han Solo di buku dan minta difoto. x)

Nah, untuk kostum Leia, dress putih dijahit oleh penjahit, sementara belt-nya adalah hasil desain dan ciptaan Aira. Dibuat dari kain keras, kardus bekas, dan cat akrilik. Saya hanya bantu menjahitnya dan menambahkan velcro di bagian belakan. Tugas saya yang lumayan bikin putar otak adalah bikin konde Leia dan gimana nanti nyembunyiin rambut asli Aira. Akhirnya si konde dibuat dari tali tassel yang biasa buat nahan tirai warna coklat, disusun melingkar dan dijahit meneglilingi kain keras yang dibentuk agak kerucut. Kemudian dipasang ke bando. Rambut Aira akan dikucir dua dan disembunyikan di dalam kerucut tadi. Ternyata hasilnya oke, sampai pulang dari #SWDJKT konde Leia masih terpasang rapi di kepala Aira.

Untuk Hamann & Rakka jangan tanya lagi, helm X Wing pilot buatan mbak Rahmi sungguh kece sekali. Kostum Obi Wan punya Nara juga bagus jadinya, dan 2-in-1, tinggal buka jubah coklatnya, Nara berubah jadi Luke Skywalker. x)










2 comments:

yudhi puspa tia said...

ya ampun sumpah keren banget mbak! :D mana foto aira n aidan yg pake kostum star war? mau liaaattt >_<

azizah said...

Halo mba, apakah kostum princess leia nya disewakan? Terima kasih��

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...