November 14, 2013

Tema Pakaian SGA: The World of Wayang



Jadi, di sekolah Aidan setiap 2 bulan sekali ada hari 'Tema Pakian'. Pada hari ini anak akan mengenakan pakaian dengan tema yang sudah ditentukan sekolah sebelumnya, dan akan ada aktivitas yang berkaitan dengan tema tersebut. Tentunya pakaian ini preferably adalah kreasi sendiri orangtua dan anak, bukan membeli baru atau sewa. Tentunya lagi, saya dan Aidan menanti-nanti hari Tema Pakaian dengan riang gembira. x)

Tema pertama tahun ajaran ini adalah The World of Wayang. Apa saja yang berkaitan dengan wayang, boleh wayang Indonesia atau 'wayang' dari negara lain, alis puppets. Yang girang siapa? Aidan, tentunya. Aidan suka banget sama wayang, sejak sering mendengarkan sandiwara radio Pandawa dan Kurawa di Motion Radio dulu. Sejak itu, Aidan kesengsem luar biasa sama perwayangan. Waktu berkunjung ke Museum Wayang liburan lalu saja, Aidan betah banget lihat-lihat wayang disana. Jadi, waktu ditanya Aidan mau pakai baju apa yang berhubungan dengan wayang, jawabannya bulat dan pasti, "Ya Gatot Kaca, lah!" Oke deh, Gatot Kaca it is, superhero wayang idola Aidan. 

Saya kemudian browsing-browsing untuk cari ide, biar si Gatot Kaca lebih kekinian penampakannya. Seperti biasa, bahan yang jadi andalan saya adalah kardus bekas dan cat akrilik. Beberapa bagian yang perlu bahan lebih lentur menggunakan karton foam. Bagian ptong-potong jadi tugas Bunda sementara di Gatot Kaca mandor, bagian cat-cat jadi tugas Aidan, Bunda yang mandor. Hasil akhirnya cukup memuaskan. Aidan juga senang.



Super tumbs-up untuk bunda-bunda yang lain, waktu harinya tiba, di SGA bertebaran tokoh-tokoh wayang yang keren-keren banget. Gatel banget rasanya, pengen ke sekolah buat foto-foto. Suka lupa anaknya udah SD, gak bisa diintilin ke sekolah lagi. x)

Pada hari itu, anak-anak dibagi menjadi kelompok yang isinya gabungan murid dari kelas 1 sampai 6. Kemudian mereka akan membuat semacam buku kecil mengenai wayang tertentu, dengan menggunakan kliping yang dibawa dari rumah. Aidan kebagian kelompok yang membahas tentang Punakawan. Jadilah cerita wayang Aidan tambah lagi, Semar-Gareng-Petruk-Bagong sekarang nempel di kepala Aidan. Senangnya lagi, mereka jadi berkenalan dengan kakak-kakak kelas dan belajar bekerja sama dalam kelompok. Ada apa lagi hari itu di sekolah? Pastinya pertunjukan wayang, dong! Dipersembahkan oleh staff SGA. Seru!





for more pics please click here.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...