January 19, 2010

Vintage Reading, pt.2 : Marcel Marlier's Tini

originally posted on facebook August 5, 2009

Sebelum saya mengenal novel, ini adalah buku pertama sejauh ingatan masa kecil saya. Seri Pestaka Cerita dari Gramedia. Tokohnya macem-macem dan penulisnya pun ada banyak. Tapi yang paling berkesan buat saya adalah tokoh yang diciptakan penulis dan ilustrator Belgia bernama Marcel Marlier. Namanya Tini. Dia punya kakak bernama Yan, Adik bernama Andi, anjing kecil coklat bernama Pupi dan anak kucing hitam bernama Mimi. Hidup Tini menyenangkan sekali. Dia tinggal di Eropa di rumah yang dikelilingi berbagai pohon dan tanaman yang kelihatannya nyaman sekali, dia belajar menunggang kuda, dia menari ballet, dia bisa berkebun, naik pesawat untuk liburan ke Paris, dia bisa memasak dan mengurus adik, ikut dalam sirkus, berulang tahun dengan pesta yang indah, ikut pesta bunga, dan masih banyak lagi hal lain yang bisa membuat anak manapun iri padanya.

Entah ada berapa banyak buku tentang Tini yang ditulis Marlier, yang pasti rasanya masa kecil saya sering kali bersinggungan dengan tokoh Tini ini. Buku Tini Merawat Adik membuat saya merengek minta adik pada ibu saya. Tini Naik Kuda salah satu favorit saya karna waktu kecil saya senang sekali naik kuda. Hampir semua resep di buku Tini Belajar Memasak pernah saya praktekkan waktu kecil, bahkan resep roti goreng yang ada dalam buku tersebut masih saya buat sampai sekarang. Saya membuat herbarium (mengeringkan bunga dan daun) meniru apa yang dilakukan Tini di buku Tini di Rumah Bibi Lusi. Bahkan menurut ibu saya, waktu kecil saya senang sekali sama gambar cover buku Tini dan Burung Gereja, sampai diantara semua buku Tini yang rapih dijilid ibu saya, buku Tini dan Burung Gereja adalah satu dari beberapa buku yang tidak berhasil diselamatkan karena keadaan yang terlalu emprihatinkan akibat seringnya dibuka-buka dan dibawa keana-mana. Satu lagi, gambar di halaman pertama buku Tini merawat Adik kemungkinan adalah sebab awal saya terobsesi pada jendela, yang dibuka kesamping dan tidak berteralis ;)


Selain ceritanya, yang sangat menarik dari buku-buku Tini adalah ilustrasinya. Ilustrasi adalah bagian yang dominan dalam buku-buku Marcel Marlier dan ilustrasi hasil karya Marlier buat saya tidak ada yang menyamai indahnya. Sampai sekarang saya masih bisa membuka buku-buku Marlier seharian hanya untuk memandangi ilustrasinya. Buku Tini ini sempat diterbitkan lagi oleh Gramedia beberapa tahun yang lalu, dan Gramedia bukan hanya menerbitkan buku-buku yang sudah ada dari saya kecil, tetapi juga hasil karya Marlier yang lebih baru. Ceritanya menjadi lebih kekinian (misalnya, Tini pindah ke kota besar dan tinggal di gedung apartemen), begitu juga ilustrasinya. Ini jelas terlihat dari pakaian tokoh-tokohnya yang lebih modern. Meskipun begitu, tetap khas Marlier.

Tentunya bisa dipastikan kalau nama asli anak perempuan kesukaan saya ini bukan Tini, tapi Martine (atau Debbie atau Tiny atau Claudine di beberapa terjemahan lainnya). Di buku cetakan baru Gramedia banyak tokoh yang menggunakan nama aslinya, tapi pastinya Tini tetap Tini. Begitu juga Yan, Andi, Pupi, dan Mimi. Ada tokoh-tokoh lain selain Tini yang diciptakan oleh Marlier dalam seri Pustaka Cerita, seperti Robbi dan Susi yang cerita-ceritanya lebih bernuansa petualangan. Tapi tidak ada yang mengalahkan Tini di hati saya. Hehehe :D

Sewaktu buku ini dicetak ulang saya sempat kembali mengumpulkan untuk Aira. Harganya dari Rp. 1000,- waktu saya kecil, sekarang Rp. 15.000,-. Saya pilih yang dulu saya punya tapi sudah hilang dan yang belum pernah saya baca sama sekali. Sayangnya sebelum lengkap buku-buku ini sudah tidak ada di pasaran lagi. Nyari di toko buku online maupun loakan susahnya minta ampun. Sempat ketemu yang vesri bahasa Inggris, tapi hanya ada beberapa judul yang kebetulan Aira sudah punya semua. Jadi buat yang masih punya dan berminat menjual atau yang tau dimana masih dijual atau yang punya pengaruh luar biasa terhadap Gramedia dan bisa membuat buku ini dicetak lagi, mohon bantuannya! Saya dan Tini akan sangat berterima kasih x)

Tini & Marcel Marlier

8 comments:

Pempek said...

Setelah membaca cerita mbak, saya jadi ingat masa kecil saya dulu jg membaca cerita Tini. Senang sekali saat itu ya. Kalo sekarang membeli buku Tini dimana ya? versi Inggris jg tidak apa2. Apa ada rekomendasi saya harus cari dimana? Tks before. natalia

yellow horcrux said...

huaaa aku juga pengen banget mbak, please suggest cari dimana yah? barusan aja aku beli untuk Keyra di Gramedia, tp bukan cerita aslinya. Ceritanya dicampur2 dan ada sticker2 utk nempelin (kecewaaa :(). padahal niatan mau nunjukkin ke Keyra, ilustrasinya luar biasa indah, ceritanya mirip kesehariannya Keyra, breathtaking banget buatku... Pengen buangeet

puan dinar said...

hai! maaf-maaf-maaf banget baru bales. Bahagia banget yah, waktu kecil pernah kenalan dengan Tini & ilustrasi Marcel Marlier yang super indah. :)
Beberapa tahun lalu Gramedia sempet nerbitin lagi, tapi sekarang udah gak ada. Sepupu-ku pernah tanya langsung, katanya mereka baru mau nerbitin lagi kalau ada beberapa ribu (aku lupa jumlah tepatnya) orang yg mau beli.
Sekarang sih untuk versi bahasa Indonesia paling bisa untung2an cari di online bookshop & toko buku bekas. Kalau untuk versi bahasa Inggris, di gramedia ada, namanya Martine. Ada 6 atau 8 judul kalo gak salah. Namanya Martine, harganya lebih mahal tapi masih reasonable.
Happy hunting! :)

daRasuw said...

haiiii, saya nggak nyangka ada juga yang cinta banget sama tini sampai seperti ini , saya sentimentil abiss setiap kali ngeliat gambarnya yang indah...selalu mengingatkan masa kecil saya. saya pun mengumpulkan kembali judul2 yang belum sempat dibeli ibu dulu. tapi memang sangat sulit, dan malah sekarang yang dijual gramedia bukan lagi cerita asli, tapi di remake menjadi cerita 1 halaman yang berhadiah stiker(sedih banget waktu tau ternyata isinya seperti itu)saya memang masih punya setengah judul pustaka kecil yang sempat keluar di indonesia oleh gramedia dulu, sampai seri binatangnya si kiki kelinci juga si keledai. tapi memang cerita paling membekas di hati adalah Tini dan Burung Gereja .tahunlalu gramedia sempat mengeluarkan versi inggris yang judulnya martinee tapi sepertinya saya cari lagi beberapa waktu lalu udah nggak ada dan malah ketemu sama versi baru yang merusak kerennya seri tini. tapi thank u banget ya sudah sharing everlasting "treasures" ini, saya terharu banget! thanks -daRa

Dina said...

hello there...nice article..remember about my dream.. thx a lot..

Novi Muharrami said...

Thanks infonya mbak. Saya pernah tanya sama manajer gramedia d kotaku, tp dia blg engga ada. Hehe, rancu sik antara engga ada ama engga tau.
Yuk sama2 wishlist ke gramedia yuk .. biar bs cetak lagi.

dara suwarno said...

sekarang di gramedia sudah keluar lagi dengan versi bundle 5 judul , ada 2 edisi...1 dan 2.-daRa

halimun said...

Malam mba, salam kenal ya. Saya suka banget sama Tink dan kebetulan ga pinya buku tini belajar memasak cuma pernah lihat sekilas. Apa boleh saya minta copy resep-resep yang ada disana? Penasaran mau coba. Makasih sebelumnya ya mba.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...